Minggu, 26 April 2015

rpp makanan








    
    
 



    
    
 

 


Rencana Pelaksanaan Pembekajaran

Satuan Pendidikan                        : MAN 1 AMBON
Kelas                                     :  XI IPA
Semester                              : 2 (Dua)
Mata Pelajaran                    : BIOLOGI
Standar Kompetensi         : Makanan dan sistem pencernaan makanan.
Kompetensi Dasar             : Mendeskripsikan makanan sehat serta macam zat dan fungsinya   bagi tubuh.
Indikator                               :
ü  Mendiskripsikan pengertian  makanan sehat.
ü  Menyebutkan zat makanan dan fungsinya bagi tubuh.
Tujuan Pembelajaran       :
ü  Peserta didik dapat Mengintifikasikan nilai gizi asupan makanan.
ü  Peserta didik dapat Memperkirakan kemungkinan yg terjadi jika kekurangan/kelebihn salah satu zat makanan
Materi Pembelajaran                     :          
ü  Pengertian Makanan sehat
ü   Macam Zat makanan dan fungsinya.
Metode Pembelajaran       :          
ü  Model            => Example Non Example
ü   Metode         => Ceramah Dan Diskusi.
1.1 Kegiatan Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam kepada siswa.
Ø  Guru mengabsensi siswa.
Ø  Guru meminta salah satu siswa untuk berdo’a.
Ø  Motifasi dan apersepsi






1.2 Kegiatan Inti :
Ø  Guru menuliskan judul materi  
Ø  Guru mendikripsikan pengertian makanan sehat
Ø  Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok secara heterogen.
Ø  Guru mempersiapkan gambar – gambar ysng sesuai dengan tujuan pembelajaran
Ø  Guru memperlihatkan gambar kepada murid.
Ø  Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada murid memperhatikan/menganalisa gambar-gambar yamg di perlihatkan
Ø  Murid  berdiskusi  kelompok  untuk  menganalisis  gambar,  hasil  diskusi
Ø  dicatat oleh kelompok masing-masing;
Ø  Setiap kelompok secara abergilir membacakan hasil diskusinya
1.3 Kegitan Penutup
Ø  Guru membimbing murid untuk menarik kesimpulan,
Ø  Penugasan
Ø  Guru memberi tahu materi yang akan di ajarkan minggu depan,
1.4 SUMBER BELAJAR :
ü  Buku Biologi Istamar Syamsuri, DKK 2B (Erlangga) Hal 1 – 41
1.5 PENILAIAN HASIL BELAJAR :
1.    Teknik Penilaian :  - Tes tertulis
2.    Bentuk Intrument : - Tes PG, Tes Uraian
3.    Contoh Instrument :
ü  Tes PG :
 1. zat makanan pengahasil energi terbesar adalah…..,
a. karbohidrat,           b. protein
c. vitamin,                  d. serat kasar.          
e. lemak
ü  Tes Uraiaan :
1.    Mengapa pencernaan itu di perlukan?
Mengetahui :
Kepala MA NEGERI 1 AMBON






ZAMRIN JAMDIN,S.Pd M.Pd.
NIP. 130411024
Ambon,    April 2015
Guru Mata Pelajaran,






AHMAD.GULAMSAH.ONOLY S.Pd
NIP. 201215283

Tidak ada komentar:

Posting Komentar